Perkembangan Bayi

00.47

Setiap anak mampu berkebang dengan kecepatan masing-masing dan Saat itu, bayi akan lebih cepat menangkap ilmu dan stimulasi. Jadi, apa yang diajarkan dan diberikan akan lebih mudah diterima. Setelah banyak kemampuan bayi tercapai di tahun pertama, selanjutnya ia akan mengembangkan dan menyempurnakan berbagai kemampuan lainnya di tahun kedua. Agar tahu sejauh mana si kecil dapat berkembang, untuk mengoptimalkan  potensinya,tentu simulasi yang di berikan tidak boleh sembarangan dan harus menyesuaikan stimulasinya dengan usia bayi, karena berbeda umur akan berbeda stimulasi yang di lakukan oleh orang tua. Berikut ini adalah stimulasi yang bisa di berikan kepada bayi usia 0-6 bulan.
-          Perkenalan suara sekitar
Ketika bayi sudah lahir bayi perlahan akan menyesuaikan dari yang sebelumnya ia berada di dalam rahim ibu yang paling nyaman dan tenang, biarkan ia mengenal dunia barunya  dengan mengenal suara di sekitarnya lewat suara.
Ajak buah hati mengenal suara mulai dari orang bicara,televisi maupun bunyi dari mainanya sendiri, hal ini akan membuat bayi mengenal dan membedakan suara yang muncul dan menimbulkan reaksi khusus untuk tiap bunyinya.
-          Sering ajak bicara
Hal ini tanpa di sadari sering dilakukan dan ternyata sering mengajak bayi berbicara akan membuat stimulasi pendengaranya menjadi lebih peka. Kemampuan bicaranya juga akan cepat terasah karena sifat bayi yang sering meniru. Mengajak bayi bicara bisa ketika sedang menyusui,memandikan,maupun hendak menidurkan bayi.
-          Selalu berikan senyuman
Membuat nyaman sedari kecil akan membuat buah hati menjadi generasi percaya diri dan supel, ia harus merasa di sayang dan di terima oleh orang2 sekitarnya. Jiak buah hati sering tersenyum jangan di abaikan berikan balasan senyuman tersebut itu akan meyakinkan bayi bahwa iya di terima oleh ibu.
- Tambah keseriusan belaian serta pelukan
Tiap bunda tentu berbeda metode mencurahkan kasih sayang kepada buah hatinya dapat melalui interaksi fisik adapula yang agak enggan. Belai buah hati dengan lembut, pada saat dia menangis peluk serta gendonglah karna itu hendak membuat buah hati merasa aman. Kerap lakukan belaian di kepala serta punggung bayi hendak menambahkan kenyamanan bayi.



- Gantung barang berwarna di dekat bayi
Setaiap balita yang lahir hendak susah membedakan wujud ataupun corak di sekitarnya, gantungkan barang yang bercorak serta perkenankan dia mulai menguasai terdapatnya wujud serta corak tersebut. Menggantung barang di dekat balita menstimulasinya dapat lebih banyak serta variatif. secara otomatis balita hendak melaksanakan gerakan semacam menendang serta berupaya meraihnya, secara langsung melatih gerak motorik halusnya. Bunda cuma lumayan membenarkan benda- benda tersebut nyaman buat balita.
- Dengarkan musik
Suara musik hendak membuat balita sanggup menbedakan bunyi antara alunan musik serta suara bicara biasa, suara musik bisa memicu otaknya jadi lebih kreatif. Putar musik cocok dengan suasana dengan nada yang tenang serta volume yang pelan.
- Beri pujian pada masing- masing perkebangan bayi
Pujian kepada buah hati hendak membuat aman buah hati serta buatnya lebih yakin diri serta sertakan senyuman itu hendak membuat percaya kalau kegiatan yang di jalani membuat ibu bangga.
- Latih buah hati buat tengkurap
kala umur balita menginjan 3 bulan, latihlah dengan kekuatan raga ialah dengan tengkurap karna di umur ini otot- otot balita sesungguhnya telah kokoh buat menyangga kepala.
- Protein
Protein berperan buat memicu sel saraf ke tempat yang pas di otak. Keahlian otak buah hati buat membuat anggapan hendak suatu pula kilat tumbuh. Konsumsi protein dapat didapatkan dari santapan berbentuk kacang- kacangan, telur, serta ikan.
- DHA ataupun Omega3
Di sisi lain DHA ataupun omega 3 pula memacu pertumbuhan otak supaya optimal. Telur ataupun produk olahan susu tertentu dapat jadi jawaban buat mendapatkan nutrisi DHA. Tetapi metode sangat sederhana, dapat membagikan DHA yang besar buat balita melalui ASI. Tampaknya, ASI memiliki DHA yang lumayan besar.
Asam folat, kolin, zat besi, vit b6, vit b12, dll



Baca ini : 
Kehamilan dan Kandungan
Kesuburan Pasutri

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »