Kehamilan dan Kandungan

05.28
Penyebab janin tidak terlihat di USG
Hamil adalah hal yang paling di nantikan oleh semua orang, hasil tes kehamilan menujukan tanda positif, tetapi janin tidak terlihat ketika di USG, jangan cemas dulu.
Agar mengetahui kondisi janin kita bisa melakukan USG di klinik kandungan, sebagian calon ibu pasti merasa cemas ketika janin tidak terlihat ketika di USG, mari kita simak apa yang menjadi penyebabnya.
1.      Terlalu awal mengecek
 Setiap calon orangtua pasti sangat bahagia ketika melihat garis dua dan hasil positif ketika melakukan test pack, dan kebanyakan selalu tidak sabar ingin segera mengetahui keadaan kandungan dan bersegera melakukan USG, dan ketika melakukan pemeriksaan janin masih belum terlihat. Dan salah satu penyebabnya terlalu awal melakukan USG untuk usia kehamilan yang sangat muda. Ketika kandungan berusia minggu ke6 maka akan menunjukan hasil yang jelas.
2.      Keguguran
Hal ini menjadi penyebab janin tidak terlihat ketika di lakukan USG. Ketika test telah menjukan hasil positif, mungkin sebagian ibu ada yang mengalami pendarahan sebelum melakukan pemeriksa  di klinik kandungan.
Tes kehamilan akan bisa menunjukan hasil positif selama 3 minggu pasca keguguran.dan ketika hormon-hormon telah kembali stabil.
3.      Kehamilan ektopik
Kondisi ini terjadi ketika kehamilan berkembang di luar rahim,dalam kehamilan ektopik kehamilan ini terjadi di tuba falopi, dan ini menjadi salah satu penyebab janin tidah tampak ketika melakukan USG.
Kehamilan ektopik menyebabkan janin tidak bisa berkembang karena ruang yang terlalu sempit dan tidak bisa memadahi suplai darah ke janin, kehamilan ektopik janin tidak bisa berkembang seutuhnya.
Hal yang bisa di lakukan ketika janin tidak terlihat di USG
 Untuk Penanganan ini berbeda setiap masalahnya, penanganan ini biasanya di sarankan atas rekomendasi dari dokter kandungan.
-          Dalam kasus janin tidak terdeteksi karena kehamilan awal,tidak ada penanganan khusus untuk kasus ini, biasanya dokter akan menyarankan untuk menunggu janin berkembang terlebih dahulu. Sampai pada jadwal yang telah di tentukan oleh dokter, dan anda akan bisa melihat perkembangan si kecil.
-          ketika kasus keguguran maka dokter akan merekomndasikan anda untuk memeriksa dan memastikan bahwa dinding rahim anda sudah kembali normal. Mungkin anda akan merasakan ketidak nyamanan pada area rahim dan pendarahan, namun seiring berjalanya waktu rasa sakit akan sedikit berkurang. Tapi jika rasa sakit tidak kunjung berkurang anda perlu berkonsultasi ke dokter.
-           Dalam kasus kehamilan ektopik dari 80 perempuan 1 diantaranya mengalami kehamilan ektopik. dan dokter akan menyarankan untuk pengecekan darah dan tes lainya jika di perlukan untuk memastikan kehamilan ektopik.
Memeriksa kehamilan melalui ultrasonografi (USG)
Ultrasonografi (USG) merupakan alat yang menggunakan frekuensi gelombang tinggi untuk mengetahui perkembangan bayi dan organ reproduksi ibu.
Namun pada trismeter awal kehamilan (1-12 minggu) USG di gunakan sebagai berikut:
  • memastikan kehamilan
  • mengecek detak jantung janin
  • menentukan usia kehamilan dan estimasi kelahiran
  • mengecek kehamilan ganda
  • mendiagnosa keguguran
  • mengetahui apakah ada perkembangan abnormal
Kini, Anda sudah mengetahui fungsi USG, dan apa saja penyebab janin tidak terlihat di USG kemudia cara penanganannya. Namun untuk lebih jelasnya, selalu konsultasi dengan dokter kandungan Anda.



Baca ini : 
Proses Melahirkan
Perkembangan Bayi

Artikel Terkait

First